Indotoplist.com : Mobil ini digerakkan oleh motor
listrik dan bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter. Membuat mobil
bergerak di dalam air bukan lagi impian. CEO Rinspeed, Frank
Rinderknecht, pada Maret lalu memamerkan prototipe mobil pertama di
dunia yang dapat berenang dan menyelam hingga kedalaman 10 meter.
Bertempat di pameran motor Jenewa ini, Rinderknecht menunjukkan dalam
sebuah video bagaimana mobil rancangan perusahaannya ini bisa tetap
berjalan mulus tanpa masalah. Terlihat mobil menyelam dan kemudian
muncul lagi ke permukaan untuk melaju ke jalan bebas. Pengoperasian
mobil pun terbilang mudah, karena untuk fungsi menyelam dan tidak ini
hanya butuh satu buah tombol.
|
Mobil buatan Rinspeed dari Swiss ini diklaim adalah yang pertama
meski sebelumnya sudah banyak mobil-mobil dengan rancangan sejenis yang
juga bisa melaju di air. sQuba, demikian nama mobil tersebut,
kelebihannya adalah pada penggunaan teknologi modern dan mobil sudah
dapat menyelam berikut dengan penumpangnya di kedalaman.
Pada mobil-mobil sebelumnya yang juga masuk jenis amphibi car,
seperti CLIMBER/ALPHA, Citroen DS yang dibuat tahun 1960, maupun
Chrysler Labarron yang dibuat pada era 70-an, masih menjadi mobil baru
belum memiliki kelebihan seperti apa yang ditawarkan oleh sQuba.
Kelebihan ini yakni, mampu menyelam, hemat bahan bakar, dan lebih ringan
karena meski sebagian kerangkanya terbuat dari baja namun sebagian
besar komponennya dibuat dari bahan serat karbon.
“Ini menjadikan sQuba paling ringan dan mobil yang telah menerapkan teknologi nano,” ujar Rinderknecht.
sQuba juga menjadi mobil pertama dari golongan sedan. Desain
berkerangka pintu terbuka, menggunakan motor listrik, dua propeler dan
dua mesin jet pengatur gerakan, sehingga memungkinkan mobil ini bisa
menempuh perjalanan jauh. Mobil ini diklaim juga lebih unggul karena
didesain tidak menghasilkan emisi baik ketika berjalan di darat maupun
di laut. Pasalnya energi mobil ini disuplai dari jenis baterai
lithium-ion.
”Kami menggambarkannya dari mimpi film James Bond dengan judul film
The Spy Who Loved Me yang dirilis pada 1977. Melihat film ini, Rinspeed
terkagum-kagum dan kemudian memimpikannya. Tapi diakui, dari desain
sangat berbeda. Kendaraan James Bond yang asli bentuknya adalah sedan
tertutup dengan sayap di bagian kanan dan kiri, sementara rancangan
Rinspeed tidak.
|
Di sQuba, pengendara kendaraan ini harus ikut menyelam bersama
dengan mobil dan ikut merasakan dinginnya air. Untuk pernafasan di kabin
kendaraan telah disediakan alat perangkat alat selam dan pengatur
oksigen yang dikeluarkan dari kabin secara otomatis. Udara ini selalu
dijamin segar dengan catatan tidak terjadi kebocoran.
Konsep sQuba yang mampu menyelam hingga 10 meter ini menjadikannya
sebagai calon kendaraan bakal militer. Cukup mengendarainya dengan
bebas, siapa pun dapat menggunakan mobil ini baik untuk menyelundup
maupun mengintai. Mobil juga ditawarkan unggul karena bisa melakukan
manuver bebas. Namun bukan berarti seperti ikan yang bisa melesat. Masih
banyak keterbatasan yang menurut tim Rinspeed itu adalah tantangan.
Mobil ini juga dikatakan adalah jelmaan dari mobil balap yang dibuat
di fasilitas teknik khusus Esoro di Swiss. Pada tahap pertama yang
dilakukan adalah membuang mesin pembakaran dan diganti dengan tiga mesin
motor listrik. Tiga mesin ini semuanya diletakkan di belakang. Satu
buah untuk pendorong ketika di darat dan dua lainnya dipakai untuk
bergerak di air.
|
Mesin juga didukung oleh dua tenaga Seabob jet yang ada di depan.
Ini digunakan untuk bernapas kendaraan dengan cara memanfaatkan putaran
saat melalui HS Genion (untuk membuka dan menutup fungsi keluar masuknya
air). Jet ini dirancang khusus dengan bahan material karbon nano.
Saat mendarat, sQuba bisa menjadi seperti akuarium. Untuk itu
disarankan seusai menyelam, pintu kendaraan dibuka agar air di dalam
kendaraan keluar. Rinderknecht mengatakan maksud desain sedan ini
terbuka karena jika ada keadaan darurat penumpang tidak perlu
repot-repot untuk keluar dari mobil. Tapi ini bukan alasan utama,
menurutnya dengan kedalaman yang cukup dalam tersebut beban air akan
memiliki tekanan yang hebat dan belum bisa ditahan oleh rangka mobil
seperti sedan biasa.
”Jika ingin didesain tahan air sehingga kita bisa bebas di dalam
mobil, desain mobil ini tidak lagi futuristik, melainkan bentuknya
seperti kura-kura yang memiliki tempurung cukup besar,” jelasnya.
Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)
|
Indotoplist.com : Shinkansen (新幹線, juga sering
dipanggil kereta peluru) adalah jalur kereta api cepat Jepang.
Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang,
selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300
km/jam. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar
Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa
Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut yaitu :
Jalur (sen) Cepat (kan) Baru (shin).
|
Shinkansen merupakan jaringan kereta
listrik cepat di Jepang yang dioperasikan oleh empat group perusahaan
Perkereta-apian Jepang. Sejak pertama kali dioperasikan pada tahun 1964
dengan kecepatan 210 km/jam dengan jaringan lintasan rel sepanjang
2,459 km, yang menghubungkan kota-kota di pulau Honshu dan Kyushu, telah
menjadi sarana anggkutan cepat, handal, nyaman dan aman di Jepang
Dalam perkembangannya Shinkansen saat ini dapat melaju dengan
kecepatan 300 km/jam dan dalam beberapa uji coba shinkansen mampu
melaju 443 km/jam pada rel konvensional.
Pada tahun 2003 Shinkansen mencatat rekor dunia kereta tecepat
dengan kecepatan 581 km/jam pada lintasan rel maglev (Magnetic
levitation) yaitu lintasan rel magnet.
Sejarah
Shinkansen dibuka pada 1 Oktober1964 untuk menyambut Olimpiade
Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang
dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli1967, dan melayani satu
milyar penumpang pada 1976.
Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka(515,4km) memakan
waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru ‘Nazomi’ yang
dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang
singkat.
Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.
|
|
Keamanan
Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian
Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun ada beberapa orang
terluka dan satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang
atau barang mereka. Selain itu ada beberapa percobaan bunuh diri oleh
penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung.
Meskipun begitu tetap saja ada percobaan bunuh diri oleh penumpang yang
memanjat pagar pengaman tersebut.
Untuk menghadapi gempa bumi kereta ini dilengkapi dengan sistem
pendeteksian yang akan memberhentikan kereta bila gempa bumi
terdeteksi. Pada gempa bumi Chuetsu di Oktober 2004 sebuah Shinkansen
yang dekat dengan pusat gempa lepas dari relnya, namun tidak ada
penumpang yang terluka. Kereta generasi berikutnya, FASTECH 360 akan
memiliki sayap rem penahan angin untuk membantu proses pemberhentian
mendadak bila gempa bumi terdeteksi.
Ketepatan waktu
Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata Shinkansen
tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan.
Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari
seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor
sebelumnya dari 1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik.
Teknologi Shinkansen di Luar Jepang
- Taiwan: High Speed Rail Taiwan mengoperasikan seri 700T S buatan Kawasaki Heavy Industries.
- China telah mengoperasikan sekitar 60 gerbong/kereta dengan
kecepatan 200 km/jam, tipe E2-1000 Series dibuat oleh konsorsium
Kawasaki Heavy Industries, Mitsubishi Electric Corporation, dan Hitachi,
- Inggris: menggunakan tipe Class 395 EMUs
- Brasil: merencanakan menggunakan kereta model shinkansen, dan saat ini dalam tahap studi kelayakan.
|
Kapan Indonesia?
By: Kenya Yuki
Membaca sekilas tentang Shinkansen di Jepang tentu kita terbayang
kondisi perkereta-apian di Indonesia saat ini, kecepatan Argo Bromo
atau Argo muria yang rata-rata 90 km/jam sehingga jarak
Jakarta-Semarang ditempuh dalam waktu 6 jam, dengan tingkat kenyamanan
yang pas-pasan kita bertanya-tanya kapan Indonesia ada sarana
angkutan masal seperti Shinkansen?
Dalam andai-andai saya membayangkan alangkah nikmatnya naik kereta
Jakarta-Semarang hanya 2 Jam, sudah pasti saya akan memilih kereta dari
pada Pesawat yang butuh waktu 4 jam hanya untuk terbang selama 1 jam
ke semarang.
Pengalaman saya naik shinkansen dari tokyo ke Kobe sungguh luar
biasa, saya membayangkan akan terguncang-guncang dan terkantuk-kantuk
selama perjalanan hilang sama sekali ketika memasuki kabin kereta yang
nyaman sekelas pesawat Boeing 737 ER 900. Kereta berangkat telat 5
detik dari jadwal keberangkatan tentu ini bukan kesalahan teknis atau
kesalahan manajemen tetapi benar-benar jam saya yang detiknya terlalu
cepat.
Setelah kereta melaju wuih… hanya beberapa menit kecepatan telah
mencapai 270 km/jam, ini bisa saya lihat pada panel monitor yang
tersedia di setiap gerbong, guncangan hampir tidak terasa kopi panas
yang saya letakkan di tatakan kursi hanya bergoyang-goyang kecil.
Sepanjang perjalanan saya dapat memandang jauh Gunung Fuji yang
menjulang dengan bentuk kerucut dan hamparan sawah dan ladang hijau,
ditepian rel sama sekali tidak tampak rumah-rumah atau perkampungan, oh
.. rupanya rel shinkansen dibuat khusus sehingga ada jarak antara rel
dan perumahan dan sudah pasti tidak ada perlintasan atau palang kereta
sepanjang jalur shinkansen. Tidak terasa waktu terlewat jarak Tokyo
Kobe yang 589.5km hanya ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 50 Menit.
Lagi-lagi saya teringat kampung saya di Semarang…. ?
http://noorhidayat.student.umm.ac.id/2010/07/09/teknologi-tercanggih-didunia/
|
|
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق