الأربعاء، 31 أكتوبر 2012

Pengertian Blog | Sejarah Blog | Jenis Blog | Komunitas Blog

Pengertian Blog

Pengertian Blog
Blog (campuran dari istilah web log) adalah jenis website atau bagian dari sebuah website yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Blog biasanya dijaga oleh seorang individu “Yoga pada  otakkacau.net” dengan entri reguler berupa posting, komentar, deskripsi peristiwa, atau bahan lain seperti grafis atau video. Entries biasanya ditampilkan dalam urutan terbalik-kronologis (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama). Blog juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk memelihara atau menambahkan konten ke blog.
Kebanyakan blog interaktif, memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar dan bahkan setiap pesan lain melalui widget di blog dan inilah interaktivitas yang membedakan mereka dari website statis lainnya.

Banyak blog memberikan komentar atau berita tentang topik tertentu, yang lain lebih berfungsi sebagai buku harian pribadi online. Sebuah blog khas menggabungkan teks, gambar, dan link ke blog lain, halaman Web, dan media lainnya yang berhubungan dengan topik tersebut. Kemampuan pembaca untuk meninggalkan komentar dalam format interaktif merupakan bagian penting dari banyak blog. Kebanyakan blog terutama tekstual, meskipun beberapa fokus pada seni (Art blog), foto (photoblog), video (video blogging), musik (MP3 blog), dan audio (podcasting).
Microblogging adalah jenis lain dari blogging, menampilkan posting sangat pendek.

Pada Desember 2007, mesin pencari blog Technorati telah melacak lebih dari 112 juta blog.

Sejarah Blog

Sejarah Blog
Istilah “weblog” diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Bentuk pendek, “blog,” diciptakan oleh Peter Merholz, yang bercanda memecahkan weblog kata menjadi kalimat kata blog di sidebar blog-nya Peterme.com pada bulan April atau Mei 1999. Tak lama setelah itu, Evan Williams di Pyra Labs digunakan “blog” baik sebagai kata benda dan kata kerja (“ke blog,” yang berarti “untuk mengedit weblog seseorang atau untuk posting ke weblog seseorang”) dan merancang “blogger” sehubungan dengan Pyra Labs Blogger produk, mengarah ke mempopulerkan istilah.

Sejarah Awal Blog Sebelum Populer

Sejarah Awal Blog Sebelum PopulerSebelum blog menjadi populer, masyarakat digital mengambil banyak bentuk, termasuk Usenet, layanan online komersial seperti Genie, BIX dan awal CompuServe, e-mail lists dan Bulletin Board Systems (BBS). Pada 1990-an, perangkat lunak Internet forum, dibuat berjalan percakapan dengan “threads.” Threads adalah koneksi topikal antara pesan pada virtual “corkboard.”
Blog modern berkembang dari buku harian online, di mana orang-orang akan menyimpan akun dari menjalankan kehidupan pribadi mereka. Sebagian besar penulis tersebut menyebut diri mereka diarists, wartawan,journalists, atau journalers
Justin Hall, yang mulai blogging pribadi pada tahun 1994 merupakan seorang mahasiswa di Swarthmore College, umumnya diakui sebagai salah satu blogger awal, seperti Jerry Pournelle. Scripting Dave Winer’s News juga dikreditkan dengan menjadi salah satu yang tertua dan terpanjang weblog. [Satu lagi blog awal Wearable Wireless Webcam, sebuah buku harian online bersama kehidupan pribadi seseorang menggabungkan teks, video, dan gambar ditransmisikan langsung dari komputer dpt dipakai dan perangkat EyeTap ke situs web pada tahun 1994 . Ini praktek blogging semi-otomatis dengan video hidup bersama dengan teks ini disebut sebagai sousveillance, dan jurnal seperti itu juga digunakan sebagai bukti dalam masalah hukum.
Blog awal yang hanya secara manual update komponen dari situs Web umum. Namun, evolusi alat untuk memfasilitasi produksi dan pemeliharaan barang Web diposting dalam urutan kronologis terbalik membuat proses penerbitan layak untuk populasi yang jauh lebih besar, kurang teknis,. Pada akhirnya, ini mengakibatkan di kelas yang berbeda penerbitan online yang menghasilkan blog kita mengakui saat ini. Sebagai contoh, penggunaan beberapa jenis perangkat lunak berbasis browser sekarang menjadi aspek khas "blogging". Blog dapat diselenggarakan oleh blog yang didedikasikan layanan hosting, atau mereka dapat dijalankan menggunakan perangkat lunak blog, atau di web hosting biasa.
Beberapa blogger awal, seperti The Misanthropic Bitch, yang dimulai pada tahun 1997, sebenarnya disebut kehadiran online mereka sebagai zine, sebelum blog masuk istilah penggunaan umum.

Popularitas Blog

Setelah awal yang lambat, blogging dengan cepat mendapatkan popularitas. Penggunaan Blog menyebar selama tahun 1999 dan tahun-tahun berikutnya, yang lebih dipopulerkan oleh kedatangan hampir bersamaan yang pertama host blog tool, diantaranya :
  • Bruce Ableson meluncurkan Diary Terbuka pada bulan Oktober 1998, yang segera tumbuh menjadi ribuan buku harian online. Diary Buka inovasi komentar pembaca, menjadi komunitas blog pertama dimana pembaca bisa menambahkan komentar ke entri blog penulis lain '.
  • Brad Fitzpatrick - LiveJournal dimulai pada Maret 1999.
  • Andrew Smales menciptakan Pitas.com pada bulan Juli 1999 sebagai alternatif mudah untuk mempertahankan sebuah "halaman berita" di situs Web, diikuti oleh diaryland pada bulan September 1999, lebih berfokus pada komunitas buku harian pribadi.
  • Evan Williams dan Meg Hourihan (Pyra Labs) meluncurkan blogger.com pada bulan Agustus 1999 (dibeli oleh Google pada bulan Februari 2003)

Jenis Blog

Ada berbagai jenis blog, berbeda tidak hanya dalam jenis konten, tetapi juga dalam cara konten yang disampaikan atau ditulis.
Personal blog
Blog pribadi, sebuah buku harian yang sedang berlangsung atau komentar oleh seorang individu, adalah blog, tradisional yang paling umum. Pribadi blogger biasanya bangga dalam posting blog mereka, bahkan jika blog mereka tidak pernah membaca. Blog sering menjadi lebih dari satu cara untuk hanya berkomunikasi; mereka menjadi cara untuk merefleksikan hidup, atau karya seni.
Blogging dapat memiliki kualitas sentimental. blog pribadi Sedikit naik ke ketenaran dan arus utama, tetapi beberapa blog pribadi cepat menggalang pengikut luas. Salah satu jenis blog pribadi, disebut sebagai microblog, adalah sangat rinci dan berusaha untuk menangkap momen dalam waktu. Beberapa situs, seperti Twitter, memungkinkan blogger untuk berbagi pikiran dan perasaan seketika dengan teman dan keluarga, dan jauh lebih cepat daripada email atau menulis.
Perusahaan dan organisasi blog
Sebuah blog bisa menjadi swasta, seperti dalam kebanyakan kasus, atau bisa untuk tujuan bisnis. Blog digunakan secara internal untuk meningkatkan komunikasi dan budaya dalam perusahaan atau eksternal untuk pemasaran, merek atau public relations tujuan disebut blog perusahaan. blog serupa untuk klub dan masyarakat disebut blog klub, blog kelompok, atau dengan nama yang mirip, penggunaan yang khas adalah untuk memberitahu anggota dan pihak lain yang berkepentingan kegiatan klub dan anggota.

Blog Aliran/Genre
Beberapa blog fokus pada topik tertentu, seperti blog politik, blog perjalanan (juga dikenal sebagai travelogs), rumah blog, blog mode , blog proyek, blog pendidikan, blog niche, blog musik klasik, blog dan menanyai hukum blog (sering disebut sebagai blawgs) atau dreamlogs. Dua tipe umum dari blog genre adalah seni blog dan blog musik. Sebuah blog yang menampilkan diskusi terutama tentang rumah dan keluarga tidak jarang disebut blog ibu Meskipun bukan jenis blog yang sah, yang digunakan untuk tujuan tunggal spamming diketahui. sebagai sebuah Splog.

Blog Media
Sebuah blog yang terdiri dari video disebut vlog, terdiri dari salah satu link yang disebut linklog, sebuah situs yang berisi portofolio sketsa disebut sketchblog atau terdiri dari sebuah foto disebut photoblog . Blog dengan posting pendek dan campuran jenis media yang disebut tumblelogs. Blog yang ditulis di mesin ketik dan kemudian dipindai disebut typecast atau typecast blog.
Blog Perangkat
Blog juga dapat didefinisikan dengan jenis perangkat yang digunakan untuk menulis itu. Sebuah blog yang ditulis oleh perangkat mobile seperti ponsel atau PDA bisa disebut moBlog. Salah satu blog awal Wearable Wireless Webcam, sebuah buku harian online bersama kehidupan pribadi seseorang menggabungkan teks, video, dan gambar ditransmisikan langsung dari komputer dan perangkat EyeTap ke situs web. Ini praktek blogging semi-otomatis dengan video hidup bersama dengan teks ini disebut sebagai sousveillance. jurnal tersebut telah digunakan sebagai bukti dalam permasalahan hukum.
Secara detail Jenis-jenis blog dapat di jabarkan :
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Komunitas Blog

Komunitas BlogKomunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Blogosphere
Komunitas kolektif dari semua blog dikenal sebagai blogosphere. Karena semua blog di internet dengan definisi, mereka dapat dilihat sebagai saling berhubungan dan jaringan sosial, melalui blogrolls,, komentar LinkBacks (Refbacks, lacak balik atau ping balik) dan backlink. Diskusi “di blogosphere” kadang-kadang digunakan oleh media sebagai ukuran pendapat publik tentang berbagai isu. Karena baru, masyarakat belum tersentuh blogger dapat muncul dalam waktu beberapa tahun, internet marketer memperhatikan “tren di blogosphere”.
BlogDay
BlogDay diciptakan dengan keyakinan bahwa blogger harus memiliki satu hari yang didedikasikan untuk mengenal blogger lain dari negara lain dan bidang yang diminati. Tanggal ditunjuk 31 Agustus karena ketika 3108 ditulis, itu menyerupai kata “Blog”. Pada hari itu, blogger merekomendasikan lima blog baru untuk pengunjung, sehingga pembaca menemukan blog baru yang sebelumnya tidak diketahui.
Blog Search Engine
Beberapa mesin pencari blog yang digunakan untuk mencari isi blog, seperti Bloglines, BlogScope, dan Technorati. Technorati, yang merupakan salah satu mesin blog yang paling populer pencarian, memberikan informasi terkini pada kedua pencarian populer dan tag digunakan untuk mengkategorikan postingan blog.  komunitas riset bekerja pada pencarian kata kunci sederhana, dengan menemukan cara-cara baru untuk menavigasi besar jumlah menyajikan informasi di blogosphere, seperti yang ditunjukkan oleh proyek-proyek seperti BlogScope.
Komunitas Blogging dan Direktori
Komunitas online Beberapa orang ada yang terhubung ke blog dan blogger ke blogger lain, termasuk BlogCatalog dan MyBlogLog platform blogging bunga-spesifik. juga tersedia. Misalnya, Blogster memiliki komunitas yang cukup besar blogger politik di antara anggotanya.
Blogging dan iklan
Hal ini umum bagi blog untuk fitur iklan baik untuk finansial manfaat blogger atau untuk mempromosikan yang menyebabkan menjadi favorit blogger. Popularitas blog juga telah menimbulkan “fake blogs” di mana perusahaan akan membuat blog fiksi sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan sebuah produk.

Popularitas dari Blog

Popularitas dari Blog
Peneliti telah menganalisis dinamika tentang bagaimana blog menjadi populer. Pada dasarnya ada dua ukuran ini: popularitas melalui kutipan, serta popularitas melalui afiliasi (misalnya blogroll). Kesimpulan dasar dari studi tentang struktur blog adalah bahwa sementara dibutuhkan waktu untuk blog untuk menjadi populer melalui blogrolls, permalink dapat meningkatkan popularitas lebih cepat, dan mungkin lebih menunjukkan popularitas dan otoritas dari blogrolls, karena mereka menunjukkan bahwa orang benar-benar membaca isi blog dan menganggap kasus-kasus tertentu yang berharga atau penting dalam.
Proyek blogdex diluncurkan oleh peneliti di MIT Media Lab untuk menjelajah Web dan mengumpulkan data dari ribuan blog untuk menyelidiki sifat sosial mereka. Ia mengumpulkan informasi ini selama lebih dari 4 tahun, dan mandiri melacak penyebaran informasi yang paling menular dalam komunitas blog, peringkat itu dengan kebaruan dan popularitas. Oleh karena itu dapat dianggap sebagai Instansiasi pertama dari sebuah memetracker. Proyek ini tidak lagi aktif, tapi fungsi yang serupa sekarang dilayani oleh tailrank.com.
Blog diberikan peringkat oleh Technorati berdasarkan jumlah link yang masuk dan Alexa Internet berdasarkan hits Web Alexa Toolbar pengguna. Pada bulan Agustus 2006, Technorati menemukan bahwa yang paling terkait-ke blog di internet itu adalah aktris Cina Xu Jinglei. media China Xinhua melaporkan bahwa blog ini menerima lebih dari 50 juta tampilan halaman, mengklaim menjadi blog yang paling populer di dunia. Technorati diperingkat Boing Boing menjadi yang paling-kelompok membaca blog yang ditulis.

Batasan Perilaku Blogger

Blogger Code of Conduct merupakan proposal oleh Tim O’Reilly untuk blogger untuk menegakkan kesopanan di blog mereka dengan menjadi sipil sendiri dan memoderasi komentar di blog mereka. Kode diusulkan karena ancaman dibuat ke blogger Kathy Sierra.
Ide kode pertama kali dilaporkan oleh BBC News, yang dikutip O’Reilly mengatakan, “Saya pikir kita perlu beberapa kode etik sekitar perilaku apa yang dapat diterima , saya berharap bahwa itu tidak datang melalui jenis regulasi/aturan akan datang melalui pengaturan sendiri. “
O’Reilly dan lain-lain datang dengan daftar tujuh ide yang diusulkan, diantaranya :
  1. Bertanggung jawab bukan hanya untuk kata-kata Anda sendiri, tetapi untuk komentar Anda memungkinkan di blog Anda.
  2. Label tingkat toleransi untuk komentar kasar.
  3. Pertimbangkan untuk menghilangkan komentar tanpa nama.
  4. Abaikan troll. troll adalah seseorang yang posting inflamasi, asing, atau off-topik pesan dalam komunitas online, seperti forum diskusi online, chat room, atau blog,
  5. Ambil secara offline percakapan, dan berbicara langsung, atau mencari perantara yang dapat melakukannya.
  6. Jika Anda tahu seseorang yang berperilaku buruk, beritahu mereka begitu.
  7. Jangan katakan online apapun yang Anda tidak akan mengatakan secara pribadi.
 http://otakkacau.net/2011/02/09/pengertian-blog-sejarah-blog-jenis-blog-komunitas-blog/

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق