الأربعاء، 31 أكتوبر 2012

Teknologi Tercanggih Didunia

Mobil yang bisa menyelam
Indotoplist.com : Mobil ini digerakkan oleh motor listrik dan bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter. Membuat mobil bergerak di dalam air bukan lagi impian. CEO Rinspeed, Frank Rinderknecht, pada Maret lalu memamerkan prototipe mobil pertama di dunia yang dapat berenang dan menyelam hingga kedalaman 10 meter. Bertempat di pameran motor Jenewa ini, Rinderknecht menunjukkan dalam sebuah video bagaimana mobil rancangan perusahaannya ini bisa tetap berjalan mulus tanpa masalah. Terlihat mobil menyelam dan kemudian muncul lagi ke permukaan untuk melaju ke jalan bebas. Pengoperasian mobil pun terbilang mudah, karena untuk fungsi menyelam dan tidak ini hanya butuh satu buah tombol.
sQuba: Mobil Pertama yang Bisa Menyelam
Mobil buatan Rinspeed dari Swiss ini diklaim adalah yang pertama meski sebelumnya sudah banyak mobil-mobil dengan rancangan sejenis yang juga bisa melaju di air. sQuba, demikian nama mobil tersebut, kelebihannya adalah pada penggunaan teknologi modern dan mobil sudah dapat menyelam berikut dengan penumpangnya di kedalaman. Pada mobil-mobil sebelumnya yang juga masuk jenis amphibi car, seperti CLIMBER/ALPHA, Citroen DS yang dibuat tahun 1960, maupun Chrysler Labarron yang dibuat pada era 70-an, masih menjadi mobil baru belum memiliki kelebihan seperti apa yang ditawarkan oleh sQuba. Kelebihan ini yakni, mampu menyelam, hemat bahan bakar, dan lebih ringan karena meski sebagian kerangkanya terbuat dari baja namun sebagian besar komponennya dibuat dari bahan serat karbon.
“Ini menjadikan sQuba paling ringan dan mobil yang telah menerapkan teknologi nano,” ujar Rinderknecht.
sQuba juga menjadi mobil pertama dari golongan sedan. Desain berkerangka pintu terbuka, menggunakan motor listrik, dua propeler dan dua mesin jet pengatur gerakan, sehingga memungkinkan mobil ini bisa menempuh perjalanan jauh. Mobil ini diklaim juga lebih unggul karena didesain tidak menghasilkan emisi baik ketika berjalan di darat maupun di laut. Pasalnya energi mobil ini disuplai dari jenis baterai lithium-ion.
”Kami menggambarkannya dari mimpi film James Bond dengan judul film The Spy Who Loved Me yang dirilis pada 1977. Melihat film ini, Rinspeed terkagum-kagum dan kemudian memimpikannya. Tapi diakui, dari desain sangat berbeda. Kendaraan James Bond yang asli bentuknya adalah sedan tertutup dengan sayap di bagian kanan dan kiri, sementara rancangan Rinspeed tidak.
sQuba: Mobil Pertama yang Bisa Menyelam
Di sQuba, pengendara kendaraan ini harus ikut menyelam bersama dengan mobil dan ikut merasakan dinginnya air. Untuk pernafasan di kabin kendaraan telah disediakan alat perangkat alat selam dan pengatur oksigen yang dikeluarkan dari kabin secara otomatis. Udara ini selalu dijamin segar dengan catatan tidak terjadi kebocoran. Konsep sQuba yang mampu menyelam hingga 10 meter ini menjadikannya sebagai calon kendaraan bakal militer. Cukup mengendarainya dengan bebas, siapa pun dapat menggunakan mobil ini baik untuk menyelundup maupun mengintai. Mobil juga ditawarkan unggul karena bisa melakukan manuver bebas. Namun bukan berarti seperti ikan yang bisa melesat. Masih banyak keterbatasan yang menurut tim Rinspeed itu adalah tantangan.
Mobil ini juga dikatakan adalah jelmaan dari mobil balap yang dibuat di fasilitas teknik khusus Esoro di Swiss. Pada tahap pertama yang dilakukan adalah membuang mesin pembakaran dan diganti dengan tiga mesin motor listrik. Tiga mesin ini semuanya diletakkan di belakang. Satu buah untuk pendorong ketika di darat dan dua lainnya dipakai untuk bergerak di air.
sQuba: Mobil Pertama yang Bisa Menyelam
Mesin juga didukung oleh dua tenaga Seabob jet yang ada di depan. Ini digunakan untuk bernapas kendaraan dengan cara memanfaatkan putaran saat melalui HS Genion (untuk membuka dan menutup fungsi keluar masuknya air). Jet ini dirancang khusus dengan bahan material karbon nano. Saat mendarat, sQuba bisa menjadi seperti akuarium. Untuk itu disarankan seusai menyelam, pintu kendaraan dibuka agar air di dalam kendaraan keluar. Rinderknecht mengatakan maksud desain sedan ini terbuka karena jika ada keadaan darurat penumpang tidak perlu repot-repot untuk keluar dari mobil. Tapi ini bukan alasan utama, menurutnya dengan kedalaman yang cukup dalam tersebut beban air akan memiliki tekanan yang hebat dan belum bisa ditahan oleh rangka mobil seperti sedan biasa.
”Jika ingin didesain tahan air sehingga kita bisa bebas di dalam mobil, desain mobil ini tidak lagi futuristik, melainkan bentuknya seperti kura-kura yang memiliki tempurung cukup besar,” jelasnya.
Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)
Indotoplist.com : Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) adalah jalur kereta api cepat Jepang. Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut yaitu : Jalur (sen) Cepat (kan) Baru (shin).
Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)
Shinkansen merupakan jaringan kereta listrik cepat di Jepang yang dioperasikan oleh empat group perusahaan Perkereta-apian Jepang. Sejak pertama kali dioperasikan pada tahun 1964 dengan kecepatan 210 km/jam dengan jaringan lintasan rel sepanjang 2,459 km, yang menghubungkan kota-kota di pulau Honshu dan Kyushu, telah menjadi sarana anggkutan cepat, handal, nyaman dan aman di Jepang Dalam perkembangannya Shinkansen saat ini dapat melaju dengan kecepatan 300 km/jam dan dalam beberapa uji coba shinkansen mampu melaju 443 km/jam pada rel konvensional.
Pada tahun 2003 Shinkansen mencatat rekor dunia kereta tecepat dengan kecepatan 581 km/jam pada lintasan rel maglev (Magnetic levitation) yaitu lintasan rel magnet.
Sejarah
Shinkansen dibuka pada 1 Oktober1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.
Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka(515,4km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru ‘Nazomi’ yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang singkat.
Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.
Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)
Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)
Keamanan Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun ada beberapa orang terluka dan satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang atau barang mereka. Selain itu ada beberapa percobaan bunuh diri oleh penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung. Meskipun begitu tetap saja ada percobaan bunuh diri oleh penumpang yang memanjat pagar pengaman tersebut.
Untuk menghadapi gempa bumi kereta ini dilengkapi dengan sistem pendeteksian yang akan memberhentikan kereta bila gempa bumi terdeteksi. Pada gempa bumi Chuetsu di Oktober 2004 sebuah Shinkansen yang dekat dengan pusat gempa lepas dari relnya, namun tidak ada penumpang yang terluka. Kereta generasi berikutnya, FASTECH 360 akan memiliki sayap rem penahan angin untuk membantu proses pemberhentian mendadak bila gempa bumi terdeteksi.
Ketepatan waktu
Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata Shinkansen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan. Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor sebelumnya dari 1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik.
Teknologi Shinkansen di Luar Jepang
  • Taiwan: High Speed Rail Taiwan mengoperasikan seri 700T S buatan Kawasaki Heavy Industries.
  • China telah mengoperasikan sekitar 60 gerbong/kereta dengan kecepatan 200 km/jam, tipe E2-1000 Series dibuat oleh konsorsium Kawasaki Heavy Industries, Mitsubishi Electric Corporation, dan Hitachi,
  • Inggris: menggunakan tipe Class 395 EMUs
  • Brasil: merencanakan menggunakan kereta model shinkansen, dan saat ini dalam tahap studi kelayakan.
Shinkansen Japan (Kereta Listrik Super Cepat Jepang)
Kapan Indonesia?
By: Kenya Yuki Membaca sekilas tentang Shinkansen di Jepang tentu kita terbayang kondisi perkereta-apian di Indonesia saat ini, kecepatan Argo Bromo atau Argo muria yang rata-rata 90 km/jam sehingga jarak Jakarta-Semarang ditempuh dalam waktu 6 jam, dengan tingkat kenyamanan yang pas-pasan kita bertanya-tanya kapan Indonesia ada sarana angkutan masal seperti Shinkansen?
Dalam andai-andai saya membayangkan alangkah nikmatnya naik kereta Jakarta-Semarang hanya 2 Jam, sudah pasti saya akan memilih kereta dari pada Pesawat yang butuh waktu 4 jam hanya untuk terbang selama 1 jam ke semarang.
Pengalaman saya naik shinkansen dari tokyo ke Kobe sungguh luar biasa, saya membayangkan akan terguncang-guncang dan terkantuk-kantuk selama perjalanan hilang sama sekali ketika memasuki kabin kereta yang nyaman sekelas pesawat Boeing 737 ER 900. Kereta berangkat telat 5 detik dari jadwal keberangkatan tentu ini bukan kesalahan teknis atau kesalahan manajemen tetapi benar-benar jam saya yang detiknya terlalu cepat.
Setelah kereta melaju wuih… hanya beberapa menit kecepatan telah mencapai 270 km/jam, ini bisa saya lihat pada panel monitor yang tersedia di setiap gerbong, guncangan hampir tidak terasa kopi panas yang saya letakkan di tatakan kursi hanya bergoyang-goyang kecil.
Sepanjang perjalanan saya dapat memandang jauh Gunung Fuji yang menjulang dengan bentuk kerucut dan hamparan sawah dan ladang hijau, ditepian rel sama sekali tidak tampak rumah-rumah atau perkampungan, oh .. rupanya rel shinkansen dibuat khusus sehingga ada jarak antara rel dan perumahan dan sudah pasti tidak ada perlintasan atau palang kereta sepanjang jalur shinkansen. Tidak terasa waktu terlewat jarak Tokyo Kobe yang 589.5km hanya ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam 50 Menit. Lagi-lagi saya teringat kampung saya di Semarang…. ?
 http://noorhidayat.student.umm.ac.id/2010/07/09/teknologi-tercanggih-didunia/

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق